Tips Sebelum Membeli Kloset dan Cara Membersihkannya
Januari 19, 2021

Tips Sebelum Membeli Kloset dan Cara Membersihkannya

By ariko

Kloset merupakan salah satu kebutuhan yang penting di toilet. WC menjadi salah satu kebutuhan primer yang harus dipenuhi sehingga harus ada kloset yang memadai. Ada banyak jenis kloset yang berkembang di pasaran.

Salah satu yang mempengaruhi dalam membeli kloset untuk toilet dan WC Anda adalah kenyamanan. Selain itu, kloset juga bisa berguna untuk menambah keindahan interior toilet. Dengan menggunakan kloset yang bagus, tentu akan membuat WC menjadi lebih indah.

Biasanya WC dan toilet berada di lingkungan yang tertutup dan ruangannya tidak terlalu luas. Sehingga penting untuk memilih jenis kloset yang sesuai dengan ruangan dan fungsinya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli kloset.

5 Tips yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Kloset

5 Tips yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Kloset
source: Shutterstock

Pilih Jenis Kloset yang Pas

Jenis kloset dalam dunia toilet dan WC memiliki beberapa jenis. Jenis yang pertama adalah high tank toilet. Desain dari toilet ini sangat sederhana tetapi memiliki fungsi yang bagus. Desainnya berupa tangki air yang menjadi satu dengan body toilet. Tangki ini berada di atas kloset.

Jenis selanjutnya adalah in wall toilet. Model toilet ini bergaya minimalis dan desainnya indah, yang sangat cocok untuk perabotan rumah sederhana. Tergantung pada dekorasinya, terkadang dapat dilihat atau disembunyikan di dinding.

Sedangkan untuk tipe ketiga adalah integrated bases. Desain dari kloset jenis ketiga ini paling simpel. Di bagian bawah dari body ini rata dan solid. Biasanya kloset yang banyak berkembang memiliki celah di bawahnya, sedangkan jenis ini tidak ada.

Menentukan Bentuk Kloset

Ada banyak bentuk toilet atau kloset WC. Namun yang paling umum digpakai adalah toilet bergaya modern panjang atau bentuk bulat. Bentuk ini sangat cocok untuk kamar mandi berukuran kecil.

Selain itu, bentuk ini mudah untuk dibersihkan dengan menggunakan sikat yang biasa dipakai di kloset. 

Warna Kloset yang Menarik

Meski tidak begitu berpengaruh untuk fungsi, pemilihan warna pada kloset memiliki pengaruh yang cukup besar. Warna yang paling banyak digunakan adalah putih karena sifatnya netral.

Walaupun demikian, Anda bisa memilih beberapa warna lain jika ingin menyesuaikan dengan warna interior kamar mandi agar lebih serasi.Beberapa pilihan warna lain yang populer adalah merah muda, biru, dan hijau.

Mengukur Ukuran Kloset

Ukuran mengacu pada jarak dari dinding ke tengah lubang pemasangan dudukan toilet. Ukurannya bisa sedalam 10 inci, 12 inci, dan 14 inci. Karena itu, sebelum membeli, pastikan Anda sudah mengukur terlebih dahulu sesuai kebutuhan toilet di rumah atau yang akan dipasang.

Jangan sampai ukurannya tidak pas dan sulit untuk dipasang pada toilet Anda. Jika Anda tidak memahami berbagai ukuran, lebih baik menyerahkannya pada tukang yang menggarapnya.

Jenis Sistem Siram

Setiap toilet juga memiliki sistem pembilasan yang berbeda. Sistem siram ini memiliki beberapa perbedaa.  Ada metode yang lebih besar untuk satu kali penyiraman, yang mengurangi risiko penyumbatan. 

Untuk tipe single flush ini, ada beberapa yang memakai tombol, ada yang berbentuk batang seperti tuas. Hal ini tergantung selera Anda.

Lalu ada double flush, saat ingin menyiram, Anda bisa menyetel mode double atau single dalam penyiramnnya. Sistem ini sangat efektif dalam menghemat air lho. Selain itu, dengan sistem ini juga bisa mengurangi potensi WC mampet. 

Baca juga: Cara Menambah Banyak Followers Instagram dengan Mudah

Cara Membersihkan Kloset dengan Bahan Alami

source: Pexels/rawpixel.com

Ketika sudah menentukan jenis kloset yang akan digunakan, Anda juga harus membersihkannya secara rutin agar terbebas dari penyumbatan. Jika WC mampet, Anda harus menggunakan jasa sedot WC Jakarta atau sesuai daerah Anda agar tidak terjadi penyumbatan yang lebih parah.

Apa saja tips dan bahan yang bisa digunakan untuk membersihkan toilet secara alami?

Menggunakan Cuka Putih

Cuka dikenal sebagai bahan alami yang ampuh untuk membersihkan noda membandel peralatan rumah tangga yang berbahan keramik, termasuk kloset dan WC. Selain menghilangkan noda, cuka juga dipakai untuk mengurangi aroma tak sedap. Dalam penggunaannya, pemakaian cuka juga tidak akan berdampak atau berisiko bagi kesehatan manusia.

Caranya sangat mudah, Anda cukup menyiram kloset dengan air. Lalu tuang secangkir cuka dalam kloset dan tunggu 15 menit. Kemudian sikat dengan bersih. Mudah sekali bukan?

Baking Soda yang Efektif

Untuk membuat kloset yang bersih mengkilap, Anda bisa menambahkanramuan ajaib dari soda kue dan cuka. Masukkan dua sendok makan soda kue ke toilet dan tinggal selama semalam. Keesokan harinya, bilas, lalu tambahkan secangkir cuka, dan gosok toilet dengan kuat.

Jika sudah disikat, segera bilas dengan air mengalir yang banyak, hasilnya kloset akan bersinar, dan noda bersih serta membandel akan langsung hilang. Baking soda dan campuran cuka ini juga bisa digunakan untuk membersihkan lantai kamar mandi juga.

Dua bahan di atas merupakan jenis bahan yang paling ampuh untuk membersihkan kamar mandi, kloset, WC, dan lantai kamar mandi. Dengan perawatan yang benar, maka kamar mandi dan kloset akan bersih juga tidak akan mengalami mampet. Semoga bermanfaat!