memilih sepatu

Memilih Sepatu Yang Tepat Untuk Segala Situasi

Sepatu merupakan salah satu hal yang paling penting untuk digunakan sebagai alas kaki. Selain menunjang fashion dan style seseorang, sepatu juga berfungsi untuk melindungi kaki. Terlebih, saat beraktivitas, sepatu sangat penting untuk digunakan agar kaki tidak sakit. Disaat kita bekerja, kuliah, olahraga ataupun bahkan bertemu dengan teman, kita harus menggunakan sepatu yang tepat. Selain itu, kita juga harus bisa menggunakan sepatu yang nyaman dan pas dikaki. Maka dari itu, sangat penting untuk membeli sepatu yang pas dan nyaman.

Banyak toko sepatu online serta aktivitas jual sepatu online yang memberikan ragam pilihan jenis sepatu. Mulai dari sneakers trendy, loafers klasik atau bahkan oxford yang elegan merupakan beberapa sepatu yang memikat hati calon pembeli.

Namun yang menjadi masalah dalam toko sepatu online ini adalah tidak bisanya digunakan atau dicoba terlebih dahulu. Para penjual sepatu online hanya dapat mencantumkan size atau ukuran dari sepatu tersebut. Hal ini akan sulit bagi calon pembeli jika ingin mencoba sepatu tersebut. Maka dari itu, sangat penting untuk mencoba terlebih dahulu sepatu dan mengetahui ukuran sepatu.

Bagaimana Sepatu Mempengaruhi Kesehatan Kaki

Sangatlah penting saat ingin membeli sepatu untuk memilih sepatu yang nyaman dan tepat. Sepatu yang tidak nyaman juga dapat mempengaruhi kesehatan kaki. Memilih sepatu yang pas dan sesuai dengan ukuran kaki anda akan menghindarkan dari cedera. Sepatu yang bentuk dan ukurannya tidak sesuai bisa memberikan tekanan pada sendi. Hal ini akan berakibat pada sendi kaki anda yang sakit.

Selain sendi kaki, sepatu yang terlalu ketat juga dapat mencipatkan gesekan pada kulit kaki. Hal ini dapat merobek hingga melukai kulit kaki – terutama di bagian tumit. Selain itu, kulit kaki pun dapat melepuh. Selain kulit kaki, jari kaki juga dapat terkena nyeri. Pergelangan kaki pun dapat sakit bahkan hingga bentuk tulang jari kaki yang dapat berubah. Sepatu yang tidak cocok pun dapat membuat anda tidak nyaman saat berdiri atau berjalan.

Tips Memilih Sepatu Yang Tepat

Agar terhindar dari sepatu yang ketat atau tidak sesuai ukuran, sangat penting agar mengetahui tips tips memilih sepatu yang tepat. Ini akan membebaskan anda dari masalah kaki sehingga dapat menggunakan sepatu secara nyaman. Berikut adalah beberapa tips agar memilih sepatu yang tepat.

Beli Sepatu di Siang Hari

Tips ini mungkin terdengar sebagai tips yang aneh. Namun, membeli sepatu di siang hari dapat menghindari anda dari memilih sepatu yang tidak sesuai dengan ukuran anda. Waktu anda membeli sepatu dapat mempengaruhi sepatu yang akan anda beli. Waktu terbaik untuk membeli sepatu ialah pada siang hari. Hal ini dikarenakan saat siang hari, ukuran kaki anda berubah menjadi lebih besar.

Ini karena kaki kita sudah melakukan banyak aktivitas sehingga telah teregang dan ukurannya akan sedikit mengembang. Apalagi, sebelum anda membeli sepatu, pasti anda telah berjalan jalan mengintari toko ataupun mall. Ini akan menyebabkan ukuran kaki anda akan sedikit bertambah. Oleh karena itu, membeli sepatu di siang hari dapat menghindarkan anda dalam membeli sepatu yang kekecilan.

Memperhatikan Sepatu Secara Saksama

Jika anda tertarik pada suatu sepatu dan ingin langsung membelinya, jangan langsung memutuskan untuk membelinya. Memilih sepatu tak hanya memlihnya dari desain atau warna yang menarik – namun juga ukuran yang pas. Selain ukuran yang pas, terdapat juga beberapa faktor lain dalam memilih sepatu. Yang pertama adalah memilih jenis sepatu sesuai dengan fungsinya.

Anda harus bisa membedakan sepatu berdasarkan fungsinya. Walaupun pada umumnya sepatu berfungsi untuk menjadi alas kaki, terdapat fungsi fungsi spesifik lainnya. Contohnya, untuk sepatu boots, secara spesifik memiliki fungsi untuk kegiatan outdoor ataupun hiking. Jika aktivitas yang anda lakukan hanyalah berkantor, maka tidak disarankan untuk membeli sepatu boots. Melainkan, anda disarankan untuk memilih sepatu jenis loafers ataupun oxford.

Dengan memilih sepatu dengan fungsi yang tepat, maka kaki anda akan merasa nyaman saat menggunakan sepatu. Yang kedua adalah melakukan pengecekan terhadap kondisi sepatu. Kondisi sepatu yang bagus akan membuat sepatu tersebut nyaman saat dipakai. Anda harus dapat mengecek kondisi sepatu tersebut. Hindarilah membeli sepatu yang memiliki kondisi rusak ataupun kecacatan. Jika sepatu rusak atau cacat, maka itu juga dapat melukai kaki anda.

Selain itu, dengan sepatu yang memiliki kualitas buruk, maka bagian bagian sepatu dapat lepas secara tiba tiba. Seperti contoh, disaat anda menggunakan sepatu yang memiliki kualitas sol yang buruk, sol tersebut dapat lepas secara tiba tiba. Maka dari itu, sangatlah penting untuk mengecek kondisi sepatu dan menghindari kerusakan atau cacat.

Cari Sepatu Dengan Ukuran Yang Tepat

Banyak orang mungkin bisa mengingat dengan baik ukuran sepatu yang mereka biasa pakai. Namun, perlu diketahui bahwa seiring berjalannya waktu, ukuran kaki dapat berubah menjadi lebih besar. Terlebih, beberapa produsen sepatu juga memiliki sedikit perbedaan ukuran. Oleh karena itu, salah satu tips agar memilih sepatu yang tepat adala dengan mengukur kembali kaki anda.

Harus anda pastikan bahwa ukurannya memang sesuai dengan ukuran kaki anda saat ini. Selain itu, anda juga dapat mempelajari lebih lanjut sistem ukuran kaki universal agar tidak salah memilih ukuran sepatu. Terdapat banyak macam sistem pengukuran kaki dalam sepatu. Maka dari itu, anda harus mengetahui terlebih dahulu ukuran mana yang digunakan sepatu tersebut.

Coba Sepatunya

Ukuran yang tepat tidak secara langsung menjamin sepatu tersebut cocok di kaki anda. Setelah merasa ukuran sepatu tersebut tepat, anda wajib mencoba sepatu tersebut. Sayangnya, hal ini hanya dapat dilakukan jika anda datang secara langsung ke dalam toko sepatu. Hal ini tidak dapat dilakukan jika anda berbelanja di toko sepatu online. Saat mencoba sepatu, pastikan ada sedikit ruang antara ujung kaki dengan ujung sepatu.

Selain itu, gerakkan jari kaki anda untuk memastikan ada ruang gerak untuk jari kaki. Setelah itu, coblah berdiri dan berjalan kesana kemari untuk memastikan sepatu yang anda pilih nyaman saat dipakai. Sangat disarankan anda mencoba untuk berjalan diatas keramik ataupun permukaan berkarpet agar lebih yakin. Jika kaki merasa tertekan dan tidak dapat digerakkan secara leluasa, ganti dengan ukurang yang sedikit lebih besar. Tips lainnya adalah untuk membawa dengan anda kaus kaki. Gunakanlah kaus kaki sekaligus agar memastikan bahwa sepatu itu memang cocok untuk kaki anda.