Tujuan Dan Pentingnya Belajar Bagi Siswa Di Dalam Maupun Di Luar Sekolah
Januari 20, 2021

Tujuan Dan Pentingnya Belajar Bagi Siswa Di Dalam Maupun Di Luar Sekolah

By ariko

“Apa pentingnya belajar bagi siswa?”, Ulasan kami ini akan sedikit menjelaskan mengenai hal tersebut kepada anda”.

Setiap individu yang ingin berkembang pastinya wajib untuk belajar. Belajar sendiri merupakan proses yang dilakukan untuk mendapatkan perubahan, baik dari segi wawasan, berperilaku hingga menilai sesuatu. Kegiatan belajar sendiri dapat dilakukan dimana, tidak hanya terbatas di lingkungan sekolah, namun juga di rumah maupun masyarakat. 

Apa Pentingnya Belajar Bagi Siswa?

Apa Pentingnya Belajar Bagi Siswa?
source: seanwes.com

Bagi seorang siswa, belajar bukan lagi merupakan kegiatan biasa, dimana hal tersebut telah menjadi sebuah kewajiban. Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa belajar akan dapat memberikan perubahan baik kepada siswa, baik dari segi wawasan dan juga berperilaku.

Dengan belajar, siswa akan mendapatkan wawasan dasar yang dapat digunakan di masa depan. Beberapa materi pelajaran juga menekan interaksi yang dapat merangsang kepercayaan diri siswa untuk tampil.

Terdapat juga subjek dan materi pelajaran yang ditujukan untuk membentuk pribadi serta akhlak dari siswa tersebut. Hal tersebutlah yang menjadikan belajar menjadi salah satu hal penting bagi seorang siswa.

Belajar Tidak Cukup Hanya Di Sekolah

Jika anda berpikir bahwa belajar di sekolah telah cukup, maka hal tersebut terbilang salah. Pasalnya, sekolah tidak mungkin mengawasi perkembangan belajar semua siswanya dengan baik. 

Metode pembelajaran yang digunakan untuk mengajar siswa juga bersifat sama untuk seluruh siswa. Ini juga yang menjadi alasan mengapa pembelajaran di sekolah tidaklah cukup. Setiap siswa memiliki kecocokan dengan metode belajar yang berbeda-beda. 

Sehingga, siswa perlu mengulas kembali pelajaran di sekolah dengan metode belajar yang sesuai dengannya, agar siswa dapat benar-benar memahaminya. Dalam hal ini, siswa sebaiknya mendapatkan pembelajaran lain di rumahnya atau setidaknya belajar secara mandiri.

Dasar-Dasar Belajar Yang Harus Dipahami Siswa

Banyak siswa yang kurang optimal dalam proses belajar dikarenakan minimnya pengetahuan tentang prinsip dari belajar itu sendiri. Bersumber dari salah satu salah satu halaman situs les Private Jakarta, ternyata terdapat beberapa prinsip-prinsip mendasar yang harus diketahui oleh para siswa. Adapun beberapa diantaranya:

Dorongan atau motivasi. Siswa membutuhkan dorongan yang kuat  agar dapat lebih semangat dalam belajar. Dorongan ini sendiri harus berasal dari dalam diri siswa itu sendiri. 

Dalam hal ini, peran orang tua untuk memunculkan motivasi atau dorongan tersebut juga sangat dibutuhkan. Misalnya dengan menanyakan dengan jelas mengenai cita-cita dari siswa, sehingga motivasi untuk menggapai cita-cita tersebut dapat muncul.

Fokus dalam belajar. Untuk dapat cara memahami materi pelajaran dengan baik, siswa dituntut untuk fokus. Namun hal ini akan sulit tercapai jika siswa memiliki masalah tersendiri, misalnya rasa minder, sedih dan lainnya. Dalam hal ini, orang tua harus membuat siswa terbuka untuk membantu menyelesaikan masalah belajarnya.

Memahami pelajaran. Hingga saat ini masih banyak siswa yang menggunakan metode hafalan dalam belajar. Hal ini sebenarnya merupakan tindakan yang salah. Pemahaman akan materi pelajaran adalah poin yang jauh lebih penting ketimbang hafalan.

Baca juga: Cara Menambah Banyak Followers Instagram dengan Mudah

Metode Belajar Yang Tepat

Selain beberapa prinsip dasar belajar yang diuraikan sebelumnya. Untuk dapat mendapatkan hasil belajar yang baik, siswa juga perlu menemukan metode belajar yang tepat. Setiap siswa memiliki metode belajar yang berbeda-beda. 

Umumnya metode belajar ini dibagi atas tipikal dari siswa itu sendiri. Jika siswa adalah tipe pembelajar visual, maka metode belajar seperti pembelajaran yang didukung dengan ilustrasi akan sangat efektif. Sedangkan jika siswa adalah tipe audio, maka pemahaman akan lebih cepat dimengerti cukup melalui penjelasan saja.

Terdapat juga tipe audio-visual yang lebih cepat memahami materi pelajaran melalui pemaparan yang didukung dengan visual (entah itu gambar atau video). Dalam hal ini, siswa harus menemukan gaya belajar yang cocok untuk dirinya.

Rewarding Dalam Belajar Itu Penting!

Apa Pentingnya Belajar Bagi Siswa?
source: unsplash.com

Masih membahas mengenai pentingnya belajar bagi siswa. Mungkin beberapa dari anda pernah mendengar rewarding atau yang lebih dikenal dengan sebutan apresiasi. Dalam kegiatan belajar siswa, rewarding ini adalah salah satu hal yang dapat dikatakan penting.

Rewarding ini adalah merupakan bentuk hadiah dari pencapaian yang didapatkan oleh siswa. Misalnya, siswa berhasil masuk 10 besar dalam peringkat kelasnya. Maka tidak terlalu berlebihan untuk memberikan rewarding kepada siswa.

Apresiasi semacam ini akan sangat efektif untuk meningkat semangat dan motivasi dari siswa. Selain itu, para orang tua juga sebaiknya mengajarkan metode self-rewarding kepada siswa agar siswa juga mendapatkan motivasi dari dalam untuk belajar. Self-rewarding ini sendiri adalah bentuk apresiasi yang diberikan kepada diri sendiri setelah mencapai atau memenuhi sesuatu.

Misalnya, siswa dapat bermain playstation selain di akhir minggu, apabila mendapatkan nilai ujian yang baik.

Itulah sedikit pembahasan mengenai pentingnya belajar bagi siswa. Semoga ulasan ini dapat membuka mata kamu agar semakin semangat dalam belajar, baik di sekolah, di rumah maupun di lingkungan masyarakat.