peralatan pemadam
Agustus 22, 2020

Peralatan Pemadam Api yang Wajib Tersedia di Kapal

By ariko

Saat sedang bertugas di kapal, ada kalanya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Misalnya terjadi bencana seperti kapal tenggelam, kecelakaan lalu lintas air, dan juga kebakaran. Banyak faktor yang dapat menyebabkan berbagai bencana tersebut. Salah satu faktor penyebab dari kebakaran adalah kebocoran pipa. Pipa yang dimaksud tidak lain adalah pipa bahan bakar bertekanan tinggi yang mengalami kebocoran. Maka dari itu, awak kapal harus senantiasa secara rutin memeriksa seluruh instrumen kapal.

Penyebab Kebakaran Kapal

Penyebab dari kebakaran kapal yang lainnya adalah kegiatan yang berkaitan dengan ruangan dapur. Setiap petugas di kapal harus selalu memastikan semua kegiatan yang berlangsung di dapur tetap dalam pengawasan. Karena bisa jadi menimbulkan kebakaran dan dampak yang merugikan semua pihak. Tidak hanya itu, penyebab lain dari kebakaran di kapal adalah api dari rokok. Ada beberapa kapal tertentu yang melarang para penumpangnya untuk menyalakan rokok di seluruh area kapal. Namun, ada juga sebagian kapal yang menyediakan tempat-tempat khusus bagi para penumpang yang ingin merokok. Selagi semua penumpang tertib dan taat akan aturan, tentunya bahaya kebakaran pun dapat dihindari.

Yang terakhir berkaitan dengan barang muatan dari kapal itu sendiri. Pada beberapa kapal yang memuat bahan bakar dalam jumlah besar, tingkat kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran juga harus ditingkatkan. Karena, bila terjadi kesalahan tentunya banyak pihak yang akan dirugikan dan banyak nyawa terancam. Selain itu, kerugian seperti perlengkapan navigasi juga harus diganti karena sangat mahal.

Pada artikel kali ini, akan dibahas perlengkapan kapal pemadam api yang wajib tersedia di setiap unit kapal. Peralatan kapal ini bertujuan untuk menanggulangi masalah kebakaran yang mungkin terjadi akibat kegiatan yang berlangsung di kapal tersebut. Selamat membaca!

Tabung Pemadam Api

Peralatan pemadam api yang wajib tersedia di kapal yang pertama adalah tabung pemadam api. Tabung pemadam api merupakan peralatan pemadam api yang umum dijumpai di berbagai tempat dalam berbagai situasi. Tidak terkecuali di atas kapal laut. Fungsi utama dari tabung pemadam api bubuk atau dry chemical powder adalah memadamkan api. Hal ini dapat ditanggulangi oleh alat ini dengan cara mengganggu jalannya reaksi kimia yang terjadi saat proses pembakaran.

Partikel kering yang terdapat di dalam tabung pemadam api ini nantinya akan mengembang dan menghalangi oksigen untuk masuk ke titik api. Hal ini tentunya akan segera mengakibatkan api padam dan kebakaran pun dapat teratasi dengan baik. Dry chemical powder yang terdapat dalam tabung pemadam api ini tidak berbahaya. Baik bagi manusia, bagi hewan, dan juga tumbuhan. Selain itu alat keselamatan ini juga tidak menghantarkan listrik, jadi sudah pasti aman untuk digunakan.

Alat Pemadam Api Portable

Peralatan pemadam api yang selanjutnya akan diulas adalah alat pemadam api portable. Alat ini merupakan salah satu alat pemadam kebakaran yang sangat mudah dalam penggunaannya. Alat ini didesain sedemikian rupa agar mudah digunakan dan dioperasikan bahkan bila dibawa oleh satu orang saja.

Salah satu contoh dari alat pemadam api portable ini adalah fire stop. Alat ini berukuran kecil dan memiliki berat sekitar satu hingga dua kilogram saja. Karena tidak begitu berat dan berukuran cukup kecil, maka api yang dapat dipadamkannya pun dalam skala kecil saja. Selain itu, ternyata alat pemadam jenis ini hanya dapat digunakan sekali saja dan tidak dapat diisi ulang.

Thermatic System

Peralatan kapal seperti pemadam api selanjutnya adalah thermatic system. Alat pemadam api jenis ini merupakan benda yang dapat bekerja secara otomatis. Untuk pemasangannya sendiri, alat ini biasa dipasang di plafon secara modular. Jumlah pemasangan serta kerapatannya sendiri dapat disesuaikan dengan luas ruangan dan aspek yang akan dilindungi.

Alat ini akan berfungsi secara otomatis apabila ada asap atau api yang terdeteksi oleh alat tersebut. Tentunya, alat ini hanya tersedia pada kapal-kapal yang canggih dan memiliki interior menengah ke atas.

Trolley

Peralatan pemadam api di poin kali ini bernama trolley. Alat pemadam api ini disebut troli karena memiliki instrument tambahan berupa roda. Roda yang ditambahkan pada alat ini berfungsi mempermudah mobilitas alat pemadam itu sendiri. Sehingga, dalam suasana genting pertolongan dapat segera disalurkan secepat mungkin. 

Alat pemadam api bernama trolley ini dilengkapi dengan alat yang bernama regulator. Alat ini memiliki fungsi untuk mengatur tekanan dari gas karbondioksida (CO2) ataupun nitrogen (N2). Alat ini pada umumnya ditemukan di area yang berdekatan dengan bahan bakar dari kapal.

Bentuk dari alat ini sangat sederhana, dan mudah untuk dikenali. Tabungnya sendiri biasanya berwarna merah menyala sehingga mudah ditemukan. Alat ini juga memiliki bobot yang lumayan berat. Yaitu sekitar 20 hingga 80 kilogram per satuannya. Oleh karena berat dari tabung trolley, alat ini harus dibawa dan didistribusikan oleh minimal dua orang.

Hydrant Box

Alat yang termasuk ke dalam peralatan pemadam api di kapal yang terakhir dinamakan hydrant box. Dari namanya saja, kita dapat memperkirakan bahwa bentuk alat ini secara umum adalah kotak. Hydrant box atau biasa disebut kotak hidran sangat dianjurkan untuk disediakan pada berbagai tempat yang ramai dikunjungi orang. Berbagai tempat umum disarankan untuk memiliki set kotak hidran ini. Hydrant box merupakan salah satu sarana yang termasuk dalam beberapa sarana keselamatan kerja utama.

Tidak terkecuali juga di kapal, khususnya kapal yang membawa penumpang dalam jumlah besar. Kotak hidran ini memiliki fungsi untuk menyimpan alat-alat yang dapat digunakan untuk memadamkan api di kapal dan dimana saja. Kotak ini dapat berisikan berbagai alat seperti nozzle, selang kebakaran, dan juga hydrant valve.

Ketika alat-alat tersebut disusun dengan rapi di dalam kotak, maka petugas akan lebih mudah untuk menemukan alat yang mereka cari. Maka, dapat kita simpulkan bahwa kotak ini sangat berperan dalam upaya efisiensi waktu penanggulangan kebakaran. Selain itu, dengan adanya kotak hidran ini, alat-alat pemadam api di dalam kapal pun dapat tetap terawat dengan baik. Tentunya, berbagai alat tersebut juga dapat terhindar dari tangan-tangan jahil yang akan merusak sarana pemadaman api di kapal.

Demikianlah beberapa peralatan pemadam yang wajib tersedia di berbagai unit kapal. Dengan semua alat ini, anda bisa melakukan pemeliharaan kapal. Semoga informasi tersebut dapat membantu para pembaca. Terima kasih.