perlengkapan berkemah

Perlengkapan Berkemah yang Wajib Dipersiapkan

 Jika anda merupakan tipe orang yang suka berpetualang, tentunya anda menyukai pramuka. Pramuka sudah menjadi budaya Indonesia sejak beberapa abad lalu. Pramuka merupakan salah satu tindakan untuk membela negara. Kegiatan pramuka seperti PBB (Pasukan Baris Berbaris), berkemah, sandi morse merupakan kegiatan dasar. Meskipun begitu, kegiatan tersebut dapat berbahaya kepada orang yang melaksanakan pramuka tersebut. Untuk melancarkan aktivitas berkemah, pastikan anda mempersiapkan perlengkapan berkemah.

 Oleh karena itu, anda harus menyiapkan mental dan fisik yang cukup kuat sebelum pramuka. Hal tersebut agar anda yakin dan tidak menyusahkan rekan pramuka yang lainnya ketika kegiatan berlangsug. Salah satu cara untuk mempersiapkan diri ialah mempelajari seputar perlengkapan berkemah safety yang dibutuhkan pramuka agar mental menjadi lebih yakin. Perlengkapan pramuka lebih dasar dibandingkan perlengkapan alat kerja yang dimiliki oleh tentara atau polisi.

 Jika anda tidak menyukai kegiatan pramuka, anda juga bisa berkemah tanpa membawa nama pramuka. Berkemah sudah menjadi kegiatan umum dan menjadi kegemaran tersendiri dikalangan muda sekarang. Banyak kalangan muda sekarang yang menyukai sensasi baru dan tantangan baru. Meskipun anda tidak menyangkut-pautkan dengan pramuka, anda tetap membutuhkan perlengkapan yang layak untuk berkemah

 Perlengkapan ini dapat anda jumpai di online shop, toko alat safety dan perlengkapan sekolah. Jangan lupa untuk membeli peralatan safety di toko toko tersebut. Perlengkapan – perlengkapan yang dibutuhkan bersifat basic atau umum. Tanpa penundaan, berikut adalah perlengkapan yang dibutuhkan untuk berkemah:

First Aid Kit

 First aid kit dan medic merupakan perlengkapan berkemah yang paling wajib saat anda akan berkemah. Selain membawa bekal makanan, anda membutuhkan first aid kit sebagai pertolongan pertama. Dalam dunia petualangan, tentunya akan banyak tantangan dan risiko yang harus anda hadapi.

Terkadang tantangan tersebut berbahaya dan dapat melukai diri anda. Hal – hal seperti ketinggian, binatang buas, ranting kayu dan lainnya bisa menjadi penyebab terjadinya kecelakaan dalam berkemah. First aid kit berfungsi sebagai pertolongan pertama karena anda harus bisa bertahan hidup ketika anda berkemah.

 First aid kit yang dibawa tidak wajib berbentuk kotak. Hal tersebut dikarenakan bentuk kotak tidak efektif untuk dibawa kemana saja. Namun, anda dapat menjumpai first aid kit yang berbentuk seperti tas ransel pada umumnya. Tas ransel lebih efektif dibandingkan dengan kotak tersebut ketika anda pergi berpetualang. Ransel tersebut juga memiliki ukuran kecil dengan perlengkapan safety obat – obatan yang lengkap. Harga nya juga lebih murah dan lebih mudah untuk dibawa kemana saja.

Tenda

 Jika anda akan menyatu dengan alam, tentunya anda membutuhkan tempat tinggal. Anda tidak akan tinggal didalam rumah atau hotel seperti biasanya. Anda harus tinggal didalam tenda karena tidak akan ada bangunan ditengah tengah petualangan anda nanti. Jika anda gemar berpetualang, tentunya anda sudah mengenali apa itu yang dinamakan tenda. Tenda merupakan sebuah kain yang berbentuk rumah, yang bertujuan untuk tempat berteduh. Tenda tersebut nanti lah, yang menjadi rumah anda ketika anda sedang berpetualang.

 Keuntungan dari tenda ini ialah, anda dapat bergerak bebas ketika anda sedang beristirahat. Anda juga bisa meletakkan barang – barang anda didalam tenda agar lebih aman. Tenda juga dapat mencakup banyak orang dalam satu tempat. Jika anda petualang yang bertujuan untuk fotografi atau film, anda tentunya membutuhkan tenda.

Perlengkapan berkemah tenda tersebut berfungsi untuk menjaga barang – barang anda dari binatang liar dan air hujan. Meskipun begitu, jika anda hanya berencana untuk mendaki gunung atau beberapa aktivitas yang tidak menetap, tenda bukan opsi terbaik. Hal itu dikarenakan pemasangan tenda cukup rumit dan tidak efektif untuk berpindah tempat.

 Tenda memiliki banyak jenis – jenis nya. Tentu saja setiap jenis memiliki fitur dan ukuran – ukuran yang berbeda – beda. Tenda simple seperti ukuran 3×4 atau 4×6, seharusnya sudah cukup untuk anda tinggali bersama rekan – rekan anda. Tenda sendiri beragam – ragam fitur dan kelengkapannya. Ada tenda yang sudah memiliki alas sehingga tidak memerlukan terpal lagi.

Tenda seperti ini kerap dijumpai lebih mahal dari yang biasanya karena sudah lengkap. Jika tenda tersebut tidak memiliki alas, maka anda memerlukan terpal. Terpal tersebut digunakan sebagai alas untuk tenda. Meskipun sudah dilapisi terpal, anda juga harus melapisinya dengan kain atau mengenakan selimut agar tidak kedinginan dari embun pagi hari nanti.

Sleeping bag

 Bagi anda yang tidak menyukai untuk tidur ditenda, sleeping bag bisa menjadi alternatif. Meskipun dapat mencakup banyak orang, namun pemasangan tenda tersebut cukup rumit. Butuh banyak orang untuk memasang tenda dan jika anda ingin berpindah – pindah tempat persinggahan, ada untungnya anda menggunakan sleeping bag.

Sleeping bag merupakan tempat untuk orang beristirahat. Bentuk dan konsep nya seperti karung namun, bahannya lebih menjamin. Dinamakan bag, karena badan manusia seperti masuk kedalam tas besar untuk tidur. Namun, kelemahan dari sleeping bag ini ialah anda tidak bebas bergerak ketika anda tidur.

 Sleeping bag memiliki harga yang lebih murah dibandingkan tenda. Perlengkapan berkemah yang harus dibawa untuk tidur di sleeping bag ini juga sedikit sampai tidak ada. Sleeping bag memiliki fitur – fitur yang berbeda berdasarkan merek – mereknya. Fitur – fitur ini menandakan kelengkapan dari perlengkapan berkemah sleeping bag tersebut. Semakin banyak fitur nya, semakin lengkap sleeping bag tersebut.

Contohnya, sleeping bag yang lengkap sudah memiliki bantal, selimut dan alas yang cukup tebal. Anda bisa tidur di dalam sleeping bag didaratan manapun anda berada. Anda tidak perlu mencari tempat teduh karena anda bisa menutup muka agar tidak terkena hujan.

 Sleeping bag yang bagus umumnya berukuran kecil dengan bahan yang lembut. Bahan sleeping bag tersebut harus tebal dan nyaman. Sleeping bag tersebut juga wajib kedap air dan tidak tembus agar penggunanya tidak kedinginan didalam sleeping bag tersebut. Biasanya, bahan untuk pembuatan sleeping bag adalah parasut karena kedap air. Bahan ini juga ringan untuk dibawa dan cukup nyaman buat penggunanya.